TKSK Pleret Mendapat Kesan Positif dari Tim Yuri Seleksi TKSK Berprestasi tingkat DIY Tahun 2022

Pleret (05/07) – Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kapanewon Pleret Sri Hardono atau yang lebih akrab disapa Mbah Dono pada Selasa (05/07) mendapatkan kunjungan lapangan dari Tim Yuri Seleksi TKSK Berprestasi tingkat DIY Tahun 2022. Kunjungan lapangan merupakan rangkaian kegiatan Seleksi TKSK Berprestasi tingkat DIY yang pada tahap sebelumnya adalah penilaian administrasi, kemudian presentasi, dan diakhiri dengan kunjungan lapangan. Acara yang bertempat di Pendopo Kapanewon Pleret tersebut dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bantul Drs. Didik Warsito, M.Si, Tim Seleksi TKSK Berprestasi Tahun 2022, Dinas Sosial DIY, Dinas Sosial Bantul, Forkompimkap Pleret, Lurah se Kapanewon Pleret, Mitra Kerja TKSK, TKSK se Kabupaten Bantul, serta perwakilan klien.

Tim Yuri Seleksi TKSK Berprestasi Tahun 2022 yakni : Drs. Prih Wardoyo, MPA, Dra. Retno Basundari, M.M, Drs. Eko Darmanto, M.Si, Dra. Sri Supartini, M.Si., Adik Al Fajar. Dalam kunjungan lapangan tim yuri melakukan interview testimoni tentang kinerja TKSK Pleret kepada Asek 1, kepala jawatan sosial, pendamping PKH, pejabat kapanewon, pendamping TKPK, Lurah, Dukuh, termasuk klient dampingan dan mitra kerja antara lain Karang Taruna, PSM, Tagana, WKSBM, Kader, Pengurus Balai/Panti Sosial dan Tim Penanganan ODGJ secara terpadu Kapanewon Pleret.

TKSK Pleret /  Mbah Dono dalam menjalankan kerugasannya membagi menjadi 3 ( tiga ) point' yaitu ketugasan secara instruksi, inisiasi dan inovasi. Penanganan ODGJ secara terpadu menjadi program inovasi yang telah dilakukannya, karena berdasarkan data yang ada angka ODGJ di wilayah Pleret termasuk tinggi, tercatat 215 pasien ODGJ di Puskesmas Pleret, sehingga tercetuslah pemikiran untuk penanganan ODGJ secara terpadu dengan menggandeng beberapa pihak dan relawan serta tokoh Kyai muda / Gus dilingkungan Kapanewon Pleret. Penanganan ODGJ yang telah dilakukan meliputi pengobatan secara medis, pengobatan secara non medis / spiritual, evakuasi terhadap ODGJ yang membahayakan, pelatihan ketrampilan bagi ODGJ yang sudah membaik kondisinya serta sosialisasi penanganan ODGJ bagi tokoh masyarakat dan keluarga yang mempunyai ODGJ.

 

Adapun kesan pesan dari tim yuri yang disampaikan oleh Dra. Prih Wardoyo, MPA, memberikan kesan positif bahwa TKSK Pleret Sri Hardono adalah sosok yang memiliki jiwa sosial dan kerelawanan yang tinggi, jujur, dan apa adanya berdasarkan klien dampingannya. Hal ini tentunya selaras dengan motto hidupnya “Hidup adalah Pengabdian”.

Merujuk dari penyampaian kesan positif terhadap TKSK Pleret Sri Hardono, Panewu Pleret Evi Nur Siti Fathonah, S.Sos, MM menyampaikan harapannya agar TKSK Pleret dapat mendapat nilai yang terbaik diantara peserta lainnya. Seperti halnya sambutan Bupati Bantul yang telah dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Drs. Didik Warsito, M.Si. menyampaikan doa dan harapannya agar TKSK Pleret yang mewakili TKSK Kabupaten Bantul mengikuti TKSK Berprestasi Tahun 2022 Tingkat DIY dapat menjadi yang terbaik.

 

Sisi lain yang menarik dari rangkaian Kunjungan Lapangan Penilaian TKSK Berprestasi Tahun 2022 di Kapanewon Pleret adalah disuguhkannya perform dari anak-anak SLB Tunas Bhakti Pleret yang menyuguhkan tarian montro serta menyanyikan beberapa lagu. SLB Tunas Bhakti Pleret merupakan salah satu mitra kerja serta mendapatkan banyak support dari TKSK Pleret, termasuk peran TKSK Pleret sebagai nara hubung antara SLB Tunas Bhakti Pleret dengan berbagai instansi.